24 Des 2010

Kapan PSSI Ikut Piala Dunia? Tanya SBY

Kapan PSSI Ikut Piala Dunia? Tanya SBY

Presiden SBY dan Menko Perekonomian saat nonton bareng Piala Dunia, di Hoel InterContinental, Jimbaran, Bali, Jumat (11/6) malam. (foto: anung/presidensby.info)
Presiden SBY dan Menko Perekonomian saat nonton bareng Piala Dunia, di Hoel InterContinental, Jimbaran, Bali, Jumat (11/6) malam. (foto: anung/presidensby.info)
Jimbaran, Bali: Saat jeda babak pertama pertandingan sepakbola antara Afrika Selatan melawan Meksiko, Presiden Susilo Bambag Yudhoyono beranjak dari kursinya dan bertanya kepada wartawan, "Kapan PSSI masuk Piala Dunia?" Pertanyaan itu disambut tawa yang hadir.

"Kalau dari jumlah penduduk, tak perlu berkecil hati. Tiongkok tak masuk toh? India tak masuk toh?' canda SBY. Namun kemudian SBY menambahkan untuk tidak menjadikan hal tersebut alasan.

Begitulah suasana nonton bareng Piala Dunia 2010 di Ruang Puri Kencana, Hotel InterContinental Jimbaran, Bali, Jumat (11/6) malam. SBY tampil santai, bercelana coklat, kaus polo, dan jaket kulit hitam. Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Menpora Andi A Mallarangeng, Menbudpar Jero Wacik, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad pun demikian.

Sebuah layar lebar terpampang didinding. Lebih dari 40-an kursi terisi penuh, selain oleh menteri, juga staf Istana Kepresidenan, dan wartawan yang menyertai kunjungan Presiden ke Bali. Presiden sendiri memasuki ruangan nonton bareng beberapa detik setelah kick-off babak pertama pertandingan Afsel vs Meksiko yang ditayangkan langsung dari Stadion Soccer City, Johannesburh, tersebut.

SBY sangat menikmati jalannya pertandingan. Presiden terkadang terlihat menanggapi komentar dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang menonton dengan amat bersemangat di sebelah kanan Presiden. Sedangkan di sebelah kiri SBY adalah Sekertaris Kabinet Dipo Alam.

Ketika pemain Meksiko berhasil menceploskan bola ke gawang Afsel, SBY bertepuk tangan bersama yang lainnya. Namun gol tersebut dianulir oleh wasit. SBY pun kembali menggeleng sambil tersenyum ketika Afsel gagal menyundul bola masuk ke gawang Meksiko setelah tendangan pojok untuk Afsel.

Di akhir babak pertama, Presiden bertepuk tangan untuk kedua tim. Kemudian Menpora Andi Mallarangeng berdiri dan membahas pertandingan sedikit dengan Presiden dan para menteri yang duduk di deret depan, sebelum mengambil minum.

Kepala Negara kemudian bertanya kepada para wartawan siapa yang dijagokan, namun para wartawan pun terbagi dua dalam pendapatnya. "Kalau teknik perorangan, Meksiko mungkin lebih sedikit di atas," kata SBY, bak seorang pengamat sepakbola. SBY memang penggemar sepakbola dan beberapa kali nontong tayangan langsung sepakbola di televisi, baik kompetisi liga-liga Eropa atau event besar seperti Piala Eropa dan Piala Dunia. SBY juga beberapa kali menonton langsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Usai pertandingan Afsel vs Meksiko yang berkesudahan 1-1 ini, Presiden SBY bertepuk tangan bersama para menteri. "Meksiko melemah ya di babak kedua," kata SBY. Sesaat kemudian, SBY dan para menteri meninggalkan ruangan. Sabtu (12/6) besok, Presiden akan membuka Pesta Kesenian Bali ke-32. (arc)

Tidak ada komentar: